-->

APA ITU ROADMAP ???

Assalamu'alaikum sobat IT semua?? bertemu lagi dengan saya Abdul Rochman yang akan selalu menemani sobat di dunia IT.Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang road map,seperti biasa silahkan baca dan pahami ya sobat.

Saya menulis artikel kali ini karena saya melihat sekarang ini kebanyakan orang khususnya saya jika mereka ingin melakukan sesuatu pasti akan bingung,hal itu terjadi karena mereka tidak mempunyai sebuah rencana,padahal kata bingung itu adalah warisan setan.Jawaban ini baru ketemu setelah saya bertemu dengan mbah suro dhemit yang menjelaskan ROADMAP.

Adapun maksud dan tujuan saya adalah supaya kita bisa melakukan kegiatan sekarang dan kedepannya secara professional.
    Nah sebelum saya membahas tentang apa itu RoadMap di sini saya akan menterjemahkan arti dari kata RoadMap terlebih dahulu dari bahasa inggris ke indonesia.

    (Road = Jalan) sedangkan (Map = Peta) sehingga dapat diartikan sebuah Peta Jalan, maka kita dapat menyimpulkan bahwa RoadMap merupakan peta atau panduan yang digunakan sebagai petunjuk arah jalan. Namun juga dapat diartikan bahwa RoadMap itu adalah sebuah rencana kegiatan yang akan dilakukan sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.

    Perlu kalian ketahui juga ada beberapa poin penting yang ada dalam RoadMap. Seperti apa ? Nah poin pentingnya itu berisikan sebuah Tujuan, Prinsip dan Karakteristik (Sistematika) RoadMap itu sendiri.

    Nah jika kalian sudah tahu poin pentingnya disini saya akan mejelaskan nya lagi yaitu :
     

    Tujuan RoadMap
    • Menjadikan Instrumen yang akan memandu perubahan di lingkungan kegiatan sesuai dengan karakteristik yang dimiliki. 
    • Menjadi instrumen yang mempersatukan seluruh kegiatan dalam lingkungan yang membatasinya.  
    • Menjadi instrumen yang memberikan petunjuk tentang darimana dan akan kemana perubahan yang dilakukan dalam rangka mengsukseskan program.  
    • Merupakan dokuumen yang menjadi acuan melakukan pertubahan setiap induvidu dibidangnya.

    Prinsip RoadMap

    • Jelas : Harus mudah dipahami dan dapat dilaksanakan. 
    • Ringkas                : Disajikan ringkas dan padat sesuai dengan format yang ditentukan.  
    • Terukur                 : Program, kegiatan, target, waktu,outputs dan outcomes harus dapat diukur.  
    • Adjustable              : Dapat mengakumendasi umpan balik dan perbaikan yang diperlukan.  
    • Terinci                   : Merupakan rincian dan pelaksanaan kegiatan dan hasil kegiatan tsb.  
    • Komitmen               : Merupakan kesepakatan bersama yang memberikan gambaran kesadaran akan tanggung jawab yang harus diselesaikan.  
    • Dokumentasi Resmi : Harus menjadi documen resmi yang dapat ditetapkan dalam lingkungan kerja yang bersakutan.

    Sistemtika RoadMap
     

    1.Ringkasan eksekutif  : skenario/rencana.
    2.Pendahuluan. 
    3.Konsolidasi rencana aksi program dan kegiatan : 
    • Pencapaian 
    • Rencana  
    • Kriteria keberhasilan  
    • Agenda prioritas  
    • Waktu pelaksanaan dan tahapan pekerjaan  
    • Rencana anggaran  
    • Penanggungjawab
    Penting !!! 

    Untuk menjalani kegiatan yang akan kita lakukan,kita pertama harus menentukan tujuan lalu kita buat sebuah rencana untuk mencapai tujuan kita. 

    Berikut dokumentasi ketika kami di beri arahan olehh mbah Suro:




    Hasil yang kami dapatkan adalah
    • Kami tidak bingung lagi dengan kegiatan yang kita lakukan.
    • Kehidupan kami sekarang mempunyai arah 
    Dapat kita simpulkan bahwa Roadmap ini sangat berguna untuk kita dalam melakukan kegiatan supaya hidup kita mempunyai arah dan tidak terombang-ambing.

    Sekian yang dapat saya sampaikan,mohon ma'af khususnya kepada mbah suro apabila dalam penyampaian saya ada kekurangan dan kesalahan wabillahi taufiq wal hidayah.


    Wassalamu'alaikum wr.wb

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    0 Response to "APA ITU ROADMAP ???"

    Post a Comment

    iklan