-->

INSTALL ULANG MIKROTIK DENGAN NETINSTALL

Assalamu'alaikum sobat IT semua,hari ini ada yang mengalami masalah nggaka??karena pada hari ini saya mengalami masalah di mikrotik saya.Jadi mikrotik saya itu OSnya error sehingga saya tidak bisa menggunakan mikrotik tersebut,terus bagaaimana cara mengatasinya??

Disini saya akan menggunakan Netinstall terus apa sih itu Netinstall??Netinstall merupakan metode yang dirancang untuk sistem operasi Windows untuk melakukan install ulang perangkat MikroTik yang menjalankan RouterOS (kecuali untuk perangkat non-MikroTik x86). Netinstall memformat ulang disk perangkat dan menyalin file-file baru ke disk sistem, ini dapat menyelesaikan beberapa masalah ketika perangkat Anda tidak berfungsi dengan benar. Selalu coba gunakan Netinstall jika Anda mencurigai perangkat Anda tidak berfungsi dengan benar.

Sebenarnya materi ini adalah materi dasar tetapi saya melewatkan ini.Dan pada saat mikrotik saya error,baru saya mencoba cara ini.

Alat dan bahan:
Aplikasi netinstall dan paket yang sesuai dengan mikrotiknya misalkan mipsbe,smips dan lain-lain bisa downloaad di website resminya https://mikrotik.com/download
Mikrotik
Kabel UTP
Laptop

1. Hubungkan Router menggunakan kabel LAN di melalui port ether 1 di router. 

2. Kemudian, Buka Netinstall.exe dengan wine bagi pengguna linux namun harus melalui superuser atau masuk ke root, kemudian masuk ke direktory file netinstallnya, lalu masukkan perintah "wine netinstall.exe".Karena di sini saya menggunakan linux maka harus sudah terinstall wine terlebih dahulu.

3. Di netinstall klik Net booting, kemudian isikan IP address sesuai keinginan sobat

4.Kemudian setting IP address di laptop dengan catatan harus satu jaringan dengan ip dari netinstall tadi dan gateway dari laptop adalah ip dari netinstall tadi.

5. Jika proses berhasil bagi penggunna linux di terminal akan muncul REQ RECEIVED.

6. Dan di Netinstall Router akan terdeteksi Ready seperti yang saya tandai, Klik Router>Browse(cari folder file yang berisi RouterOS dengan format .npk sesuai dengan type router yang digunakan)>kemudian ceklis>Install untuk mulai menginstall.

7. Tunggu proses instalisasi, tidak sampai 5 menit.

8. Jika berhasil akan muncul notifikasi succesfully.

9. Untuk mengecek, buka winbox, kemudian refresh jika router terdeteksi, masuk dengan MAC, dengan user default yaitu username : admin , password : [kosong]. > Connect.

10. Jika berhasil, selahkan cek isi dari router OS yang telah di install, jika versinya sesuai dan tidak ada masalah maka Install ulang RouterOS menggunakan Netinstall telah berhasil

Jadi pada dasarnya kita harus belajar itu sesuai standar yang ada,jangan melompat-lompat supaya kita itu lebih terstruktur dan memahaminya dengan sangat baik.

Sekian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini,mohon ma'af apabila ada kesalahan dalam penulisan dan semoga bermanfa'at bagi kita semua wabillahi taufiq wal hidayah.

Wassalamu'alaikum wr.wb

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "INSTALL ULANG MIKROTIK DENGAN NETINSTALL"

Post a Comment

iklan