-->

VTP DI CISCO

   Assalamu'alaikum sobat IT semua ,gimana kabarkalian semua ?? semoga tidak bosan y dengan artikel saya .Pada hari ini saya kan melanjutkan artikel saya yang sebelumnya.Jika pada artikel sebellumnya saya membahas DTP lha pada kali ini saya akan membahas VTP,apa sih itu VTP??

   VTP akronimnya adalah VLAN Trunking Protocol,syarat agar VTP bisa jalan adalah link yang dilewatin antar switch di wajibkan trunking,untuk membuat trunking sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya.

Ada 2 model VTP
1.Server
2.Client
3.Transparent

Topologi:Melanjutkan topologi sebelumnya

Posisi vlan database saat ini

SW-1 akan bertindak sebagai VTP Server yaitu yang akan membuat vlan da meembagikannya kepada VTP client,masukkan perintah ini di SW-1:

SW-1(config)#vtp mode server 
SW-1(config)#vtp domain blctelkom.id
maka akan ada tampilan

Changing VTP domain name from NULL to blctelkom.id
lihat status VTP saat ini dengan perintah "show vtp status"

Untuk di SW-3 kita atur sebagai VTP Client yaitu yang akan menerima vlan dai vtp server jadi tidak perlu membuat vlan di vtp client,masukka perintah ini di SW-3:

SW-3(config)#vtp mode client 
lihat status VTPnya

Terus untuk yang SW-2 kita atur sebagai VTP Tranparent yaitu yang hanya melewatkan vlan vtp server ke vtp client jadi vtp transparent ini tidak menerima vlan dari server,masukkan perintah di bawah ini:

SW-2(config)#vtp mode transparent 
Lalu kita cek apakah vtp kita berhasil atau tidak dengan membuat vlan baru di vtp server.

SW-1(config)#vlan 40
Lihat status vlan di ketiga switch



Maka hasilnya vlan di vtp  server(SW-1) akan di distribusikan ke vtp client(SW-3) dan yang vtp transparent(SW-2) tidak menerima vlan tersebut.

Selanjutnya kita juga bisa memberikan password pada vtp ini dengan memasukkan perintah:


SW-1(config)#vtp password CCNA
jika di vtp client tidak diberi password seperti vtp server maka vtp client tidak akan menerima vlan dari vtp server.

Untuk verifikasi VTP password bisa menggunakan perintah "show vtp password"

Sekian artikel yang dapat saya bagikan,mohon ma'af apabila banyak kesalahan dalam penulisan artikel ini dan semoga bermanfa'at bagi kita semua.Saya akhiri wabillahi taufiq wal hidayah.

Wassalamu'alaikum wr.wb

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "VTP DI CISCO"

Post a Comment

iklan