-->

MEMBUAT TOPOLOGI WAN

Assalamu'alaikum sobat IT semua,pada hari ini saya di surug oleh para trainer untuk membuta topologi WAN yang mana akan di gunakan oleh perusahaan besar.Perusahaan tersebuat terdiri dari 1 kantor pusat dan 3 kantor cabang.Untuk ketentuannya di kantor pusat memiliki 1 router,5 switch,30 PC dan 2 buah server lalu di ke3 kantor cabang memiliki 1 router,4 switch,dan 20 PC .Maka dari itu saya membuatnya seperti ini:

Topologi ini memiliki kelebihan dalam troubleshoot.Jika ada satu area mati maka yang lain tidak akan terganggu dan juga di sini yang bisa mengakses semua perangkat adalah IT jadi akan lebih aman.Disini juga saya memberikan redundan listrik di kantor pusat dan redundan swicth di server.DLL

Kekurangannya jika Router mati maka satu kantor akan mati jadi untuk mengatasi permasalahan ini hanya tinggal tambah koneksi ke ISP sebagai backup.DLL

Pada topologi ini untukk mengkoneksikan antar kantor menggunakan ISP(fiber optic) jadi kecepatan menjadi lebih tinggi.Untuk routing ke ISP menggunakan routing Static.Dan untuk di switch server saya menggunakan etterchannel supaya lebih cepat.

Sekian yang dapat saya sampaikan,mohon ma'af apabila ada kesalahan dalam penulisan dan semogaa bermanfa'at bagi kita semua wanillahi taufiq wal hidayah.

Wassalamu'alaikum wr.wb

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "MEMBUAT TOPOLOGI WAN"

Post a Comment

iklan