-->

TRAINING MTCNA | Part 1


Assalamu'alaikum sobat IT semua.Sebenarnya saya tinggal menyusun laporan eh pada hari ini kami BLC TELKOM KLATEN kedatangan tamu spesial yaitu Pak Ziad Sobri yang mana beliau kesini akan mengadakan training ini.Jadi saya akan gunakan waktu yang langka ini sebaik mungkin.Bagi sobat yang ingin tau kegiatan hari ini beersama pak Ziad Sobri silahkan baca di bawah ini.

Pada hari pertama pasti akan ada perkenalan,yaps bagi yang belum kenal pak Ziad maka akan saya kenalkan,namanya Ziad sobri beliau asli dari lampung dan merupakan lulusan pondok pesantren,dan kuliah tentang ekonomi.Tapi kok bisa mahir IT ya?? Itu karena kepedulian beliau pada pendidikan indonesia.Awalnya beliau itu ingin menjadi Trainer dan ingin memajukan lampung eh lama kelamaan beliau tetap aja keliling indonesia. no WA 085268481913 E-mail ziadsobri@gmail.com.

Disini pak Ziad akan mengadakan training 2 track yaitu MTCNA,MTCRE.Sebenarnya yang di ajarkan pak Ziad pada hari ini sudah saya tulis pada artikel sebelumnya akan tetapi ada tambahan sedikit yang mana akan saya jelaskan di bawah ini.

Pada MTCNA ada 9 modules dan hari pertama ini membahas 3 module.Pada module pertama adalah Pengenalan mikrotik,fitur-fiturnya,cara mengakses pada saat pertama kali,default konfigurasi,backup restore,export import,package management,dan sedikit keamanan router mikrotik serta netinstall yang semuanya telah saya jelaskan di artikel sebelumnya.

Selanjutnya module 2 adalah DHCP yang mana fungsinya mengalokasikan IP secara dynamic.DHCP dibagi 3 yaitu DHCP server(yang menyewakan IP) dan DHCP client(yang menyewa IP) serta DHCP lease(Daftar IP yang disewakan).Lalu membahas ARP yang mana sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya.

Setelah itu module 3 adalah Bridging yang mana sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya tetapi ada tambahan kalau bridging itu awalnya berfungsi untuk membagi collision domain sehingga tidak terjadi tabrakan data.Bridging ini digunakan untuk menggantikan HUB.Di sebagian router mikrotik telah mendukung fitur bridging ini dan bridging bisa menggunakan Firewall.

Sekian yang dapat saya sampaikan,silahkan di eksplor sendiri sehingga sobat lebih pada dan mohon ma'af apabila ada kesalahan dalam penulisan serta semoga bermanfa'at bagi kita semua wabillahi taufiq wal hidayah.

Wassalamu'alaikum wr.wb

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "TRAINING MTCNA | Part 1"

Post a Comment

iklan