-->

CARA MENGATASI GAGAL INSTALL GRUB LINUX(GRUB RESCUE)

  Assalamu’alaikum sobat semua,ketemu lagi dengan saya Abdul Rochman dan semoga tidak lupa y.

  Ini hari keempat dari saya magang di BLC Telkom Klaten dan saya telah megalami masalah yaitu grub linux saya hilang dan saya tidak bisa masuk linux dengan tampilan seperti ini,

  Setelah saya bertanya kepada teman saya dan alhamdulillah saya bisa masuk linux desktop tanpa grub melainkan dengan menggunakan codingan dengan perintah di bawah ini:

1.Kita ketikkan perintah ls untuk menampilkan partisi apa saja yang ada di harddisk maka hasilnya akan seperti ini,





2.Lalu cek satu persatu partisi tersebut dengan perintah :
ls (nama_partisi) maka akan muncul seperti ini,



4.Kemudian setting pada partisi tadi supaya kita bisa masuk ke partisi tersebut 
   dengan perintah di bawah ini.
set prefix=(nama_partisi)/boot/grub
set root=(nama_partisi)
insmod normal
normal 

  Setelah semuanya sudah maka komputer akan booting linux desktop.Tapi jangan senang dulu karena ini belum selesai,tadi itu cuma cara masuk tanpa grub masak kita harus masukkin script terus sihh itu kan membuat capek.

  
  Untuk mengatasi hal tersebut maka kita harus menginstall dan mengupdate grub linuxnya.Caranya masukkan perintah di bawah ini:
sudo grub-install /dev/sda
sudo update-grub
Maka ketika di restart akan muncul grub linuxnya seperti gambar di bawah ini:

  Sekian yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini,semoga bermanfaat dan mohon ma’af apabila pada artikel ini terdapat banyak kesalahan.Saya akhiri wabillahi taufiq wal hidayah

Wassalamu’alaikum

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "CARA MENGATASI GAGAL INSTALL GRUB LINUX(GRUB RESCUE)"

Post a Comment

iklan