-->

MTCRE | Part 2


Assalamu'alaikum sobat IT semua,pada hari ini merupakan hari terakhir pak Ziad di BLC karena nanti malam pak Ziad mau pergi ke lampung lagi.Dan pada hari ini membahas kelanjutan dari kemarin yaitu tentang LSA type.Kemarin sampai LSA type 5 maka hari ini tinggal type 6 dan 7 tetapi type 6 tidak di jelaskan,yang di jelaskan hanya type 7 karena type 6 hanya untuk router tertentu.

Tipe 7 - Router di Not So Stubby Area (NSSA) tidak menerima LSA eksternal dari Area Border Routers, tetapi diizinkan untuk mengirim informasi routing eksternal untuk didistribusikan kembali. Mereka menggunakan LSA tipe 7 untuk memberi tahu ABR tentang rute-rute eksternal ini, yang kemudian diterjemahkan oleh Area Border Router untuk mengetik 5 LSA eksternal dan melakukan banjir seperti biasa ke seluruh jaringan OSPF.

Setelah membahas LSA type selanjutnya adalah meembahas Tunnel yaitu EoIP dan IPIP tunnel yang mana sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya.Kemudian membahas tentang VLAN yang mana VLAN ini memecah broadcast domain sehingga dalam satu switch ada beberapa network dan untuk menghubungkan antar VLAN di gunakan Intervlan routing.

Setelah itu kami ujian MTCRE dan alhamdulillah saya lulus dengan nilai yang lumayan walaupun belum mencapai target yaitu 69%.Bagi sobaat yang ingin melihat sertifikat saya bisa kunjungi https://mikrotik.com/training/certificates/b149186c5331eafe3af4 dan ini adalah ID saya 1904RE9186

Untuk pembahasan lengkapnya akan saya tulis kedepannya,sekarang saya hanya mereview kegiatan saya saat training jadi tidak ada konfigurasi dan pembahasan yang lengkap.Sebelumnya saya mohon ma'af karena pada tanggal 10 April merupakan batas akhir saya PKL di BLC sehingga saya harus cepat-cepat menyusun laporannya.Tunggu dan ikuti terus blog saya ,pasti akan saya posting kok materi lengkap MTCNA dan MTCRE.

Sekian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini ,mohon ma'af apabila ada kesalahan dalam penulisan dan semoga bernmafa'at bagi kita semua wabillahi taufiq wal hidayah.

Wassalamu'alaikum wr.wb

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "MTCRE | Part 2"

Post a Comment

iklan